Selasa, 17 Oktober 2017

Jurnal FI pada SAP

Sebagai konsultan SAP, maka sudut pandang akuntansi harus sesuai dengan cara system melihat sebuah transaksi. Berikut basic jurnal dalam SAP:

1. Penerimaan Barang (Goods Receipt)
a. Saat barang diterima
Dr. Stock Account / Inventory                         xxx
Cr. G/R I/R Account (Akun penyangga)         xxx
Cr. Biaya angkut                                              xxx
Cr. Biaya lainnya                                             xxx

b. Saat pembayaran ditagihkan
Dr. G/R I/R                                                      xxx
Cr. Vendor (AP)                                               xxx

2. Ketika barang keluar untuk produsksi
Dr. Konsumsi Raw Mat / By Raw mat            xxx
Cr. Inventory RM                                            xxx

3. Ketika produksi selesai dan dikirim ke gudang
Dr. Inventory FG                                             xxx
Cr. COGM                                                       xxx
Dr/Cr. Variance                                               xxx (selisih antara standard dan actual cost)



4. Ketika barang ikirim ke customer        
Dr. COGS                                                      xxx
Cr. Inventory FG                                           xxx

5. Ketika barang dikirim ke plant A ke B
Dr. Inventory plant B                                    xxx
Cr. Inventory plant A                                   xxx
Dr/Cr. Variance harga                                  xxx (perbedaan standar cost antara kedua plant)

6. Ketika terjadi revaluasi inventory
Dr/Cr. Inventory                                          xxx
Dr/Cr. Revaluasi Inventory                         xxx

7. Jurnal WIP jika produksi belum selesai
Dr. WIP                                                       xxx
Cr. Charge WIP                                          xxx

8. Jurnal ketika produksi sudah selesai
Dr. Inventory FG                                       xxx
Cr. Production output                                xxx

9. Menerima pembayaran dari customer
Dr. Customer account (AR/Cash)            xxx
Cr. Revenue                                             xxx
Cr. Pajak keluaran                                   xxx

10. Advance dari customer
Dr. Bank                                                 xxx
Cr. Advance customer payment             xxx


11. Clearing advance dari customer
Dr. Advance customer payment             xxx
Cr. Customer account                             xxx

di FI dokumen akan dibuat penerimaan dari bank garansi, dan nomor dari bank garansi ini akan dijadikan acuan ketika sales order.

12.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar