Senin, 02 Maret 2015

Keberhasilan Best Buy Mengelola Modal Kerja

Best Buy Company, peritel barang-barang elektronik terbesar di Amerika utara, mengoperasikan lebih dari 500 toko Best Buy dan 1300 gerai Misicland. Nilai penjualannyauntuk tahun 2002 diperkirakan mencapai $23 miliar, perusahaan diperkirakan akanmeraih laba sebesar $690 juta dan sahanya di pertengahan 2002 dijual dengan harga $50, naik dari harga $ 1,5 lima tahun yang lalu. keberhasilan ini masih merupakan hasil dari praktik keuangan dan operasinya yang baik, khususnya keahlian dalammengelola modal kerja.
Manajemen modal kerka berkaita
n dengan manajemen aktiva lancar dan prosedur pendanaan aktiva tersebut.  karena penjualan Best Buy kebanyakan melalui kartu kredit, piutang bukansuatu masalah yang besar, dan perusahaan tidak kesulitan untuk memperoleh uang yang dibutuhkan untuk operasi. jadi unsur yang paling penting dalam kebijakan modal kerja Best Buy adalah manajemen persediaannya. Untuk menjaga tingkat penjualan perusahaan harus memastikan toko-tokonya selalu memiliki persediaan barang-barang tertentu yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Namun, penyimpanan persediaan memerlukan biaya yang cukup tinggi, dan produk elektronik dapat turun nilainya akibat ketinggalan zaman jika mereka tidak dijual dengan segera. oleh sebab itu, untuk menjaga biayanya tetap rendah, perusahaan selalu mencari cara untuk memperlancar arus persediaan dan memaksimalkan rasio perputarannya. jadi, dalam laporan tahunan 2001, Best Buy mencantumkan dengan bangga bahwa rasio perputarn persediaannya, adalah yang tertinggi di dalam industri.
Belakangan, di dalam sebuah konferensi telepon dengan para investor, CFO Best Buy mengatakan bahwa meskipun perusahaan menaikan tingkat persediaan sehingga tidak akan kehabisan pada saat melakukan perluasan dan renovasi banyak tokonya, penjualan perusahaan diperkirakan akan tetap dapat mengikuti ekspansi persediaan sehingga rasio perputaran terjaga dari penurunan.
peningkatan teknologi dan internet secara dramatis telah mengubah cara Best Buy kmengelola modal kerjanya. Ia menggunakan teknologi untuk mengumpulkan informasi real-time dari setiap toko tentang produk-produk apa yang paling baik penjualannya dan tingkat persediaan saat ini, dan kemudia menggunakan informasi tersebut secara otomatis menempatkan pesanan dan barang di toko pada saat berang tersebut dibutuhkan. dengan cara ini perusahaan dapat meminimalkan biaya sekaligus dapat memastikan tersedianya barang yang tepat untuk memaksimalkan penjualan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar